AT TA´DIB
Vol 7, No 2 (2012): Ilmu Pendidikan

Pendekatan Komunikatif Dalam Pengajaran Bahasa Arab (Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor)

Hafidz Zaid, Abdul ( Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2012

Abstract

Pondok Modern Gontor dianggap sebagai salah satu lembaga pendidikandi Indonesia yang memberikan perhatian sangat besar dalam hal pengajaranbahasa asing, khususnya bahasa Arab dan Inggris. Dalam pengajaran bahasaasing ini, Gontor memakai Metode Langsung dengan beberapa perubahanyang disesuaikan dengan lingkungan sekolahnya.Dalam prakteknya, pengajaran bahasa asing membutuhkan latihan secaraterus-menerus, karena pada dasarnya kemampuan berbahasa berarti memilikiketerampilan dalam menggunakan bahasa itu, baik dalam bentuk lisan maupuntulisan, bukan hanya pandai dalam tata bahasanya. Di samping itu, guru tidakhanya mampu membuat muridnya menirukan, mampu membuat mereka ituberfikir dan berbicara dengan bahasa Arab dengan berani dan percaya diri.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

TADIB

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

At-Ta'dib adalah media ilmiah bidang kependidikan Islam, baik berupa studi kepustakaan, hasil penelitian maupun karya ilmiah terkait. Terbit dua kali dalam setahun, sebagai sarana pengembangan tradisi keilmuan insan tarbiyah dan pendidikan pada umumnya. Jurnal kependidikan Islam ini diterbitkan oleh ...