Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa kelas 3 IPA di SD N Semarangan 1 termotivasi untuk belajar melalui penggunaan media pembelajaran. Metode yang digunakan meliputi wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data mengenai efektivitas media pembelajaran serta tanggapan siswa terhadap penggunaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran, seperti video animasi dan simulasi, memiliki kontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Siswa menunjukkan keterlibatan yang lebih tinggi, termasuk partisipasi aktif dalam diskusi kelas dan keinginan untuk memahami konsep-konsep IPA yang kompleks. Selain itu, hasil pengamatan menunjukkan bahwa penggunaan media pendidikan memberikan siswa akses ke lingkungan belajar yang lebih menarik dan dinamis. Siswa yang diwawancarai mengatakan bahwa ketika sumber belajar digunakan, mereka merasa lebih senang dan lebih terdorong untuk belajar. Kesimpulannya, penggunaan media pembelajaran di kelas sains untuk kelas 3 di SD N Semarangan 1 berdampak positif terhadap motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024