Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pemetaan konsep (concept mapping). Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa soal tes. Tes tulis terdiri dari 2 soal. Bentuk soal berupa high-directed concept mapping tasks: fill –in-the-map (pemetaan konsep terarah:isi peta). Data hasil pengerjaan siswa dikoreksi dan dianalisis. Siswa yang mengalami kesulitan adalah yang paling banyak melakukan kesalahan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis pemetaan konsep yaitu kesulitan dalam mengidentifikasi masalah, tidak memahami konsep, ketidakmampuan dalam menggunakan informasi yang diberikan, tidakmampu dalam melakukan proses perhitungan matematis, tidakmampu dalam melakukan operasi aljabar dan ketidakmampuan dalam menerapkan prinsip matematika. Kesulitan yang paling besar dialami siswa adalah kesulitan dalam mengidentifikasi masalah dan kesulitan dalam melakukan proses perhitungan matematis.
Copyrights © 2024