Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
Vol. 7 No. 2 (2023)

Kajian: Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia

ROMBE, YUNITA PARE (Unknown)
Murtihapsari (Unknown)
Mulianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Abstrak Pendidikan di indonesia saat ini lebih menitikberatkan pada hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran dalam kelas berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Di Indonesia sendiri terdapat berbagai model pembelajaran dengan berbagai keunggulan dan kekurangan, salah satunya model pembelajaran inovatif seperti Discovery Learning. Tujuan dari kajian pustaka ini mengulas pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data pada ulasan ini dikaji berdasarkan fokus model pembelajaran dengan mendeskripsikan secara singkat artikel tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Jadi metode pada kajian ini, lebih ditekankan studi terpenting dan terkini dari literatur yang membahas model Discovery Learning. Proses pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain cara belajar, guru, kurikulum, metode, model dan pendekatan yang digunakan selama proses pembelajaran. Hasil kajian beberapa literatur diperoleh data bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar melalui keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yang berdampak positif  terhadap  hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Guru, Peserta didik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPK

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of chemistry ...