Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha
Vol. 8 No. 1 (2024)

Rekonstruksi Sains Asli Menjadi Sains Ilmiah Pembuatan Kue Keranjang Imlek Sebagai Bahan Ajar Literasi Kimia

Kristanto, Tan Kevin (Unknown)
Sudarmin (Unknown)
Prasetya, Agung Tri (Unknown)
Sumarni, Woro (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2024

Abstract

Etnosains adalah pengetahuan yang dimiliki oleh suatu masyarakat yang dapat dipulihkan menjadi pengetahuan ilmiah, berdasarkan sistem pengetahuan budaya dan lokal tentang fenomena alam. Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi pengetahuan masyarakat menjadi pengetahuan ilmiah tentang pembuatan kue keranjang di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnosains fenomenologi, menggunakan lembar observasi dan wawancara. Tahapan penelitian meliputi identifikasi, verifikasi, dan konseptualisasi. Analisis data deskriptif dilakukan terhadap transformasi pengetahuan asli dan kearifan lokal. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembuat kue keranjang memiliki teknik dan metode yang baik serta ide-ide inovatif untuk menghasilkan kue berkualitas. Konsep kimia dalam rekonstruksi ilmiah meliputi reaksi reduksi dan oksidasi, tata nama senyawa, hidrokarbon, termokimia, koloid, dan polimer makromolekul. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi sumber belajar bagi guru kimia untuk mengembangkan literasi kimia peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPK

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of chemistry ...