Warung Makan Samudera adalah salah satu UMKM warung makan di Banjarmasin. Restoran ini berdiri sejak tahun 2020. Warung makan ini menawarkan berbagai makanan dan minuman, termasuk makanan laut dan ayam goreng. Untuk media promosinya menggunakan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp untuk pemesanan. Namun, diperlukan upaya untuk peningkatan pelayanan seperti pembuatan sistem informasi penjualan. Permasalahan pada warung makan Samudera yaitu tidak adanya sistem untuk merekap otomatis penjualan dan saat ini untuk perhitungan transaksi perhari dilakukan pada saat toko tutup dan menggunakan metode sederhana seperti struk pembelian yang ditempel diatas paku dan buku catatan. Hal ini memiliki resiko di mana catatan rentan hilang atau rusak, sehingga hasil transaksi tersebut kemungkinan tidak sesuai dengan fakta. Metode yang dilakukan untuk mengatasi masalah di warung makan Samudera, dengan merancang dan membangun sistem informasi penjualan warung makan Samudera berbasis website. Sistem ini dibangun menggunakan metode Waterfall untuk perancangan dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil menunjukkan bahwa sistem informasi yang dibuat sudah menyelesaikan masalah yang ada yaitu, sistem informasi dapat melakukan pencatatan atau menyimpan transaksi penjualan, sistem juga dapat mengelola produk-produk yang ada di warung, juga terdapat landing page yang berfungsi sebagai media informasi bagi konsumen seperti menu produk, dan informasi tentang warung.
Copyrights © 2022