Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi sosial emosional tema 8 praja muda melalui project based learning (PjBL) peserta didik kelas 3. Subyek penelitian ini adalah seluruh peserta kelas 3 SD Negeri Sidorejo Lor Salatiga Jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Prosedur penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan non tes berupa observasi dan angket. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan butir penyataan. Teknik analisis data adalah teknik kuantitatif komparatif berupa persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kompetensi sosial emosional tema praja muda karana melalui project based learning (PjBL) pada peserta didik kelas 3. Kompetensi sosial emosional peserta didik kelas 3 masuk kriteria baik sekali meningkat setelah mendapatkan pembelajaran PjBL yakni sebanyak 36% dari 28 peserta didik saat prasiklus dan siklus 1 meningkat menjadi 61% dari 28 peserta didik dan siklus 2 menjadi 82% dari 28 peserta didik. PjBL yang dapat meningkatkan kompetensi sosial emosional tema 8 praja muda karana melalui langkah-langkah: 1) membuat pertanyaan mendasar tema 8 praja muda karana, 2) merancang rencana proyek yang dilakukan oleh guru dan peserta didik, 3) membuat jadwal pelaksanaan proyek dengan kesepakatan antara guru dengan peserta didik, 4) guru memantau peserta didik dalam aktivitas perkembangan pembuatan proyek, 5) guru menilai hasil proyek peserta didik, 6) evaluasi. Terbukti bahwa langkah-langkah PjBL dapat meningkatkan kompetensi sosial emosional tema 8 praja muda karana peserta didik kelas 3.
Copyrights © 2024