One way to improve learning administration services in primary and secondary education is to utilize information technology. Currently, the implementation of the education administration process at SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi, still uses a conventional approach and needs technological support to optimize the process. This community service aims to develop a mobile-based academic information system to facilitate the running of the education administration process, including scheduling, managing administrative data, and student attendance. The methods used in the development of this application include needs analysis, description of the problem framework, and implementation. From the results of the system black-box test, it was found that all features contained in the system functionally functioned as needed and could help the academic administration process at SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. The features offered also follow the needs of the academic administration and are informative.Salah satu upaya untuk meningkatkan layanan administrasi pembelajaran di Pendidikan dasar menengah adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi. Sampai saat ini, pelaksanaan proses administrasi pendidikan di SMA Muhammadiyah 2 Genteng, Banyuwangi masih menggunakan pendekatan konvensional dan butuh adanya dukungan teknologi untuk mengoptimasi proses tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Informasi Akademik berbasis mobile guna mempermudah berjalannya proses administrasi pendidikan yang meliputi penjadwalan, kelola data administrasi serta absensi siswa. Metode yang digunakan pada pengembangan aplikasi ini meliputi analisis kebutuhan, penjabaran kerangka permasalahan hingga implementasi. Dari hasil uji black-box sistem didapatkan hasil bahwa semua fitur yang terdapat pada sistem secara fungsionalitas sudah berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan dapat membantu proses administrasi akademik di SMA Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi. Fitur yang ditawarkan juga sudah sesuai dengan kebutuhan dari pihak administrasi akademik dan sudah bersifat informatif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024