Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penyusunan proposal skripsi yang ideal dalam program studi Manajemen Pendidikan Islam, mengingat peranannya yang krusial dalam menentukan arah dan kualitas penelitian mahasiswa. Urgensi penelitian ini terletak pada identifikasi dan solusi terhadap masalah-masalah umum yang dihadapi mahasiswa dalam menyusun proposal skripsi, seperti kurangnya pedoman yang jelas, variasi dalam struktur dan komponen proposal, keterbatasan dalam kajian literatur, kesenjangan dalam metodologi penelitian, kurangnya perencanaan yang matang, dan kolaborasi yang tidak efektif dengan dosen pembimbing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber tertulis seperti buku, artikel jurnal, tesis, dan sumber online terpercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, diperlukan pengembangan panduan yang terstandar, pelatihan khusus, akses literatur yang memadai, serta bimbingan yang efektif dari dosen pembimbing. Implementasi temuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas proposal skripsi dan kontribusi akademis dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam. Keterbatasan penelitian ini terletak pada tidak adanya data empiris langsung, sehingga penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan studi lapangan untuk memvalidasi temuan ini.
Copyrights © 2024