Abuya: Jurnal Pendidikan dasar
Vol. 2 No. 1 (2024): Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar

STRATEGI GURU UNTUK MENGATASI BULLYING DAN KEKERASAN PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR

Silviana, Nur Amalia (Unknown)
IMAM SUFIYANTO, MOHAMMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Kasus Bullying dan kenakalan anak semakin marak terjadi karena kurangnya pendampingan anak di rumah dan pembinaan karakter yang masih minim dilakukan oleh pendidik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi guru dalam mengatasi kenakalan siswa. Metode penelitiannya adalah kualitatif, menggunakan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengambilan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian kelas V SD Negeri Artodung. Indikator kenakalan yang diamatiadalah perilaku siswa yaitu sering terjadi bullying antar temannya, pertengkaran yang terjadi sesama teman, tidak mendengarkan guru disaat jam pelajaran berlangsung, dan berbuat kegaduhan ketika tidak ada guru di kelas pada saat jam pelajaran berlangsung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Penyebab dari kenakalan siswa di SD Negeri Artodung karena faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal, siswa masih belum bisa menyesuaikan keadaan lingkungan sekitarnya. Sedangkan pada faktor eksternal yaitu diakibatkan karena lingkungan keluarga dan pergaulan. Strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi bullying dan kenakalan siswa kelas V di SD Negeri Artodung yaitu dengan melakukan kontrak belajar, memberikan bimbingan dan komunikasi terbuka kepada siswa, dan memberikan tindakan hukuman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abuya

Publisher

Subject

Religion Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Abuya: Jurnal Pendidikan Dasar Is an open access, and peer-reviewed journal that focuses on critical studies of elementary education. Investigated the dynamics of learning students at State Elementary Education/ Islamic Elementary Education (SD/MI). Besides focusing on the development of teaching at ...