Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pengenalan bentuk-bentuk geometrik pada anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong. Metode penelitian ini merupakan penelitain tindakan kelas (PTK) di dalamnya akan mengkaji hubungan antar dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian ditemukan beberapa temuan dalam siklus I semua anak terlihat semangat dan antusis mengikuti pembelajaran setelah mengetahui bahwa benda-benda disekitar anak itu adalah bentuk-bentuk geometrik, dan dalam pertemuan di Siklus II adalah anak sangat bersemangat dalam mengikuti pemebelajaran karena mereka sudah mampu menyebut dan mengelompokkan bentuk geometrik. Pada pembelajaran geometrik mengalami peningkatan dari 10 anak terdapat 9 anak yang peneliti masukkan pada kategori berkembang sangat baik (BSB) atau sekitar 90% pada aspek mengurutkan/penyebutan bentuk geometrik, mengelompokkan bentuk geometrik dan keakuratan dalam pembuatan gambar geometrik pada pertemuan II pada siklus II sudah mengalami peningkatan berkembang sangat baik, dengan demikian penelitian deskripsi pengenalan bentuk geometrik pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kabupaten Sorong berkembang sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023