ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi strategi pemasaran serta mengetahui layak atau tidaknya dari pengembangan usaha telur ayam UD. Telur Ayam jika dilihat dari aspek finansial.Metode yang digunakan yaitu metode SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis yang didapatkan pada matrik IFE dan EFE yaitu posisi strategi pemasaran sel 1 yaitu tumbuh dan berkembang (grow and build). Dari segi matrik posisi kuadran berada diposisi kuadran I (Strategi Agresif) yaitu strategi SO (Strength – Opportunities). Pada aspek finansial menghasilkan perhitungan yang memenuhi standar perhitungan yang telah ditentukan dengan hasil NPV positif yaitu Rp. 670.378.447, IRR sebesar37,9%, PP < 5 tahun yaitu 1,35 tahun, Net B/C Ratio > 1 yaitu 3,53, BEP pada tahun 2022 sebesar 9.530kg, dan ROI sebesar 60,16%. Kata kunci: aspek financial, industri telur ayam, kelayakan usaha, swot ABSTRACT Feasibility Analysis of Laying Chicken Cultivation Business Using the SWOT Method (Case Study: UD Telur Ayam Mukhlis, Balam Asri Village, Way Kenanga District, West Tulang Bawang, Lampung). This study aims to find out what factors influence marketing strategies and whether or not developing the UD chicken egg business is feasible. Chicken Eggs when viewed from a financial aspect. The method used is the SWOT method. The results of this research show that the analysis obtained from the IFE and EFE matrices is the marketing strategy position of cell 1, namely growth and development (grow and build). In terms of the matrix, the position of the quadrant is in the first quadrant (Aggressive Strategy), namely the SO (Strength – Opportunities) strategy. On the financial aspect it produces calculations that meet predetermined calculation standards with a positive NPV result of Rp. 670,378,447, IRR of 37.9%, PP < 5 years, namely 1.35 years, Net B/C Ratio > 1, namely 3.53, BEP in 2022 of 9,530 kg, and ROI of 60.16%. Keywords: business feasibility, chicken egg industry, financial aspects, swot
Copyrights © 2024