Abstrak CV Rey Gasendra merupakan salah satu toko handphone dan elektronik yang bergerak dalam penjualan berbagai macam merk handphone, mesin cuci, kulkas, tv, kipas angin dan barang elektronik lainnya. Pengelompokan data penjualan pada CV Rey Gasendra masih dilakukan dengan cara manual di excel. Cara pengelompokkan tersebut membutuhkan waktu dan memungkinkan data hilang. Dalam melakukan pengelompokan data diperlukan histori data penjualan, apabila data penjualan besar maka di perlukan teknik data mining, salah satu teknik data mining yaitu dengan menggunakan metode K-means Clustering. Clustering merupakan salah satu metode data mining yang bersifat unsupervised dan K-Means adalah salah satu metode clustering non-hirarki yang berusaha membagi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih kelompok. Metode K-Means clustering dapat diterapkan untuk mengelompokan suatu data penjualan berdasarkan jenis barang, tipe pelanggan, atau jumlah barang. Data yang digunakan adalah data penjualan pada bulan Desember-Februari sebanyak 2027 data. Hasil pengujian dilakukan dengan menggunakan aplikasi RapidMiner dimana hasilnya terdapat 2 cluster yaitu cluster 0 berjumlah 102 data traksaksi dan cluster 1 berjumlah 1925 data transaksi.
Copyrights © 2024