Jurnal Life Science
Vol. 1 No. 2 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Graphing Skills Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan

SAPUTRA, INDRA (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan graphing skills siswa SMAmelalui penerapan model pembelajaran inquiri terbimbing pada materi pencemaran lingkungan. Metodepenelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain The Matching-Only Pretest-PosttestControl Group Design yang dilaksanakan di salah satu SMA negeri di kota Bandung, Jawa Barat, kelas Xtahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretes dan postes kemampuangraphing skills dalam bentuk soal uraian, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta angkettanggapan guru dan siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modelinquiri terbimbing berjalan sesuai dengan tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, terdapatpeningkatan kemampuan graphing skills siswa dengan model pembelajaran inquiri terbimbing ditunjukkanoleh rata-rata N-Gain yang diperoleh yaitu 0,60. Indikator-indikator pada setiap kemampuan graphingskills yang meliputi kemampuan interpretasi, representasi, dan analisis data, peserta didik mengalamipeningkatan dalam kategori sedang, dengan rata-rata nilai N-Gain 0,52. Hasil penelitian juga menunjukkanbahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model inquiri terbimbing pada umumnya baik danpositif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LSciences

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Life Science (JLS) adalah jurnal yang menerbitkan dan mempromosikan penelitian pendidikan sains ilmiah. Jurnal ini mengkaji pendidikan dasar, menengah, tinggi, dan informal yang berkaitan dengan pendidikan sains. Dalam menerbitkan artikel ilmiah, JLS mencari artikulasi prinsip dan praktik ...