Sebenarnya banyak hal yang dapat digunakan sebagai pedoman atau indikator suatu negara dapat dikatagorikan sebagai negara maju. Kajian literatur deskriptif dilakukan untuk menjawab tujuan penulis untuk mengatasi degradasi moral bangsa melalui pendidikan karakter. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur (kajian pustaka). Literatur yang diperoleh kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan, bahwa salah satu solusi untuk mengatasi perdebatan tentang degradasi moral bangsa adalah dengan memperkuat pendidikan karakter di sekolah. Pembentukan karakter menjadi suplemen yang dibutuhkan bagi penguatan generasi muda. Pendidikan karakter dapat dijadikan sebagai alternatif untuk memecahkan persoalan degradasi moral. Karena pendidikan karakter merupakan suatu proses pendidikan yang bersifat holistik dan menyeluruh yang menghubungkan dimensi moral siswa dengan ranah sosial dalam kehidupannya sebagai fondasi kuat bagi terbentuknya generasi bangsa berkualitas yang mampu hidup secara mandiri dan memegang teguh prinsip kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Pentingnya pendidikan karakter yang di selenggarakan di sekolah untuk menanggulangi terjadi degradasi moral karena sekolah adalah tempat siswa untuk melatih atau pembiasaan diri, mengenal dan mematuhi aturan bersama dan proses pembentukan identitas diri. Secara garis besar pendidikan karakter diterapkan untuk membentuk atau membimbing bagaimana agar manusia memiliki sikap dan moral yang baik. Moral atau moralitas dapat diartikan suatu kapasitas seseorang untuk dapat membedakan mana yang benar dan salah.
Copyrights © 2024