VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal
Vol 18 No 2 (2023): VISI : Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal

Penerapan Pola Pengasuhan Otoriter dalam Pengembangan Kecerdasan Sosial Anak

Sekar Anggini, Dyah Ayu (Unknown)
Martini (Unknown)
Nur Hidayaht, Achmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Orang tua mempunya hak dalam mengasuh anak. Ditemukan beberapa orang tua yang menerapkan pola asuh otoriter guna mengembangkan kecerdasan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pola asuh otoriter oleh orang tua kepada anaknya dapat mengembangkan kecerdasan sosial. Metode yang digunakan ialah kualitatif. Penelitian dilaksanakan di bulan April-Mei, tepatnya di SMP Negeri 92 Jakarta dengan subjek penelitian terdiri dari enam informan kunci dan empat informan inti. Dari penelitian ini, didapatkan bahwa pola asuh otoriter yang diterapkan orang tua berasal dari faktor internal (kepribadian orang tua, keyakinan mengasuh anak, usia orang tua, dan jenis kelamin orang tua) dan faktor eksternal (pendidikan orang tua, status sosial ekonomi, dan lingkungan). Tidak semua anak yang tumbuh dari pola asuh otoriter memiliki kecerdasan sosial yang baik. Karena dua dari empat peserta didik justru menarik diri dari lingkungan yang mengharuskan mereka untuk berinteraksi. Untuk orang tua yang meyakini bahwa penerapan pola asuh otoriter dapat mengembangkan kecerdasan sosial anak perlu memperhatikan beberapa hal, seperti menambah pengetahuan dengan mengikuti pelatihan parenting, memberikan pengasuhan secara adil kepada masing-masing anak, serta tinggal di tengan kondisi lingkungan sosial yang baik. Selain itu, penerapan pola asuh otoriter yang dilakukan para orang tua dengan tujuan untuk mengembangkan kecerdasan sosial anak sebaiknya dapat dipertimbangkan kembali karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti kondisi mental sang anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jiv

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related ...