Performance : Jurnal Bisnis dan Akuntansi
Vol 12 No 2 (2022): Performance:Jurnal Bisnis & Akuntansi

ANALISIS DAYA TARIK BRAND AMBASSADOR SONG JOONG KI DAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PURCHASE INTENTION DENGAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABLE INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Produk Scarlett Whitening di Kota Yogyakarta)

Isna, Kadek (Unknown)
Udayana, Ida Bagus Nyoman (Unknown)
Hutami, Lusia Tria Hatmanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tren kecantikan tentang perawatan kulit wajah maupun tubuh sedang gencar belakangan ini. Hal ini membuat industri kecantikan menjadi berkembang pesat. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui adanya pengaruh brand ambassador, digital marketing dan brand awareness terhadap purchase intention. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan mengambil 111 sampel pada konsumen produk Scarlett Whitening di Kota Yogyakarta. Pengambilan sempel dilakukan dengan metode non-probabilitas dan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pengiriman link kuesioner yang dikirimkan secara online kepada responden. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel brand ambassador (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap brand awareness (Z) dengan nilai 0.029. Kemudian variabel digital marketing (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap brand awareness (Z) dengan nilai 0.000. Variabel brand awareness (Z) berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention (Y) dengan nilai 0.013. Selanjutnya variabel brand ambassador (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention (Y) dengan nilai 0.000. Serta variabel digital marketing (X2) berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention (Y) dengan nilai 0.005. Selain itu hasil penelitian juga menunjukkan bahwa brand awareness mampu berperan sebagai variabel intervening pengaruh brand ambassador dan digital marketing terhadap purchase intention konsumen produk Scarlett Whitening di Kota Yogyakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FEB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

PERFORMANCE : Jurnal Bisnis & Akuntansi adalah jurnal yang memberikan wacana keilmuan tentang akuntansi, bisnis dan manajemen secara praktis. Artikel yang dipublikasikan pada jurnal ini meliputi berbagai bahasan dimulai dari hasil kajian khusus, evaluasi kritis sampai dengan penelitian empiris. ...