Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 1 Maret 2024

VAPE (ROKOK ELEKTRIK) SEBAGAI GAYA HIDUP MODERN DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUKUM UNIVERSITAS NEGER MAKASSAR

Djarumia, Danny Rahmat Shiddieq (Unknown)
Awaru, A. Octamaya Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor pembentukan vape sebagai gaya hidup modern di kalangan mahasiswa FIS-H UNM dan 2) Dampak penggunaan vape sebagai gaya hidup modern bagi mahasiswa FIS-H UNM terhadap interaksi sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini sebanyak 10 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu mahasiswa FIS-H UNM, menggunakan rokok elektrik, dan aktif menggunakan rokok elektrik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan member check.Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Faktor pembentukan vape sebagai gaya hidup modern pada mahasiswa terdiri dari, a) faktor internal yaitu sikap, pengalaman, kepribadian, dan motif. b) Faktor eksternal yaitu, kelompok referensi, keluarga, dan kelas sosial. 2) Dampak penggunaan vape sebagai gaya hidup modern bagi mahasiswa terhadap interaksi sosial terdiri dari (a) dampak asosiatif berupa hubungan kerjasama seperti saling bertukar informasi, saling membantu dan kerjasama yang menguntungkan. Adapun (b) dampak disasosiatif yakni mendapatkan pertentangan dari orangtua dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...