Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 1 Maret 2024

IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WONOMULYO KABUPATEN POLEWALI MANDAR

Wilfan, Wilfan (Unknown)
Arifin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana Proses Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar dan 2) Faktor Penghambat Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 14 orang, guru dan siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Penentuan informan ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu: 1) wakasek bidang kurikulum SMA Negeri 1 Wonomulyo, 2) guru/fasilitator P5 yang mengajar di kelas X, 3) peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan member check. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Proses Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar terdiri dari beberapa tahap yaitu: a) Tahap perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila. b) Tahap pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila, dan c) Tahap evaluasi projek penguatan profil pelajar pancasila. 2) Faktor Penghambat Dalam Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar yaitu: a) Alokasi waktu dan b) Alokasi dana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...