Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 2 July 2024

Hubungan Program Sekolah Ramah Anak Dengan Pengurangan Tingkat Kekerasan Di SMA Negeri 20 Makassar

Magfirah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan program sekolah ramah anak dengan pengurangan tingkat kekerasan di SMA Negeri 20 Makassar. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan populasi sebanyak 41 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 41 orang. Pengambilan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik deskriptif dan inferensial menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X (program sekolah ramah anak) memiliki hubungan yang signifikan dan sangat kuat terhadap variabel Y (tingkat kekerasan) di SMA Negeri 20 Makassar. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan dan nilai koefisian 0,838 yang menunjukkan keeratan hubungan yang sangat kuat. Selain itu, pada variabel X, nilai thitung yaitu sebesar 1,748. Dimana angka tersebut > 1,685 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Program-program dari sekolah ramah anak yang mendukung kegiatan ekstrakurikuler dapat menarik minat siswa untuk turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan pihak sekolah. Sehingga meminimalisir terjadinya tindakan kekerasan atau perundungan di lingkungan sekolah, karena siswa akan disibukkan dalam kegiatan-kegiatan yang merangsang jiwa kompetitif dan sportifitas anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...