Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 1 Maret 2024

Penerapan Pembelajaran Program Inklusi Di UPT SMAN 3 Luwu Timur Dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako

Mifta, Nur (Unknown)
Arifin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Gambaran penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako, dan 2) Faktor penghambat penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 7 orang yang ditentukan melalui teknik purposive sampling dengan kriteria informan yaitu guru UPT SMAN 3 Luwu Timur dan guru UPT Sekolah Luar Biasa (SLB) Taman Pelangi Sorowako, serta kepala sekolahnya yang tergolong berperan dalam program pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data terdiri dari kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako, terdiri dari: a) Kesiapan pembelajaran, b) Pelaksanaan pembelajaran, c) Menguji kemampuan siswa, dan d) Evaluasi dan refleksi. 2) Faktor penghambat penerapan pembelajaran program inklusi di UPT SMAN 3 Luwu Timur dan UPT SLB Taman Pelangi Sorowako, yaitu: a) Perlu tenaga pendidik atau guru yang profesional, dan b) Perlu bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...