Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Sumber konflik yang terjadi di UPT SMA Model Negeri 5 Enrekang. 2) Bagaimana pengelolaan konflik di UPT SMA Model Negeri 5 Enrekang. Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konflik yang terjadi di UPT SMA Model Negeri 5 Enrekang berakibat dari; a) adanya masalah pribadi antar siswa, b) adanya kesalahpahaman informasi atau terdapat orang ketiga yang mengadu domba, dan c) adanya pembulian terhadap teman sebaya. Maka dengan mengatasi masalah demikian terdapat beberapa upaya yang dilakukan guru dalam menangani suatu konflik di sekolah yakni; a) melibatkan guru sebagai mediator atau penengah konflik, b) melakukan pendekatan Asertif sebagai upaya untuk menunjukkan emosional individu secara jujur dan terbuka, c) memberikan edukasi terkait problem solving, dan d) mengomunikasikannyakepada wali atau orang tua siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023