Pinisi Journal of Sociology Education Review
Volume 4, Nomor 1 Maret 2024

FENOMENA BULLYING DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS PADA SISWA DI UPT SPF SMP NEGERI 55 MAKASSAR)

Astuti, Astuti (Unknown)
Agustang, Andi Dody May Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apa yang menyebabkan fenomena bullying pada siswa terus terjadi di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar. 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi masalah bullying yang terjadi pada siswa di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar. Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yakni memahami dan menyelidiki masalah yang terjadi secara mendalam. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 16 orang dengan kriteria yakni: 1) guru, 2) siswa yang menjadi korban bully dan 3) siswa yang menjadi pelaku bully. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan data menggunakan member check dan melakukan analisis data dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penyebab fenomena bullying pada siswa terus terjadi di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar yaitu; a) pola intekrasi sosial yang kurang baik antar siswa, b) kurangnya komunikasi interpersonal dari siswa (korban bully) dengan guru, c) lemahnya sanksi yang diberikan sekolah terhadap siswa yang menjadi pelaku bully, dan d) lingkungan bermain dan teman sebaya. 2) Upaya guru dalam mengatasi masalah bullying yang terjadi pada siswa di UPT SPF SMP Negeri 55 Makassar yaitu; a) memberikan sosialisasi mengenai bully secara rutin kepada siswa di lingkungan sekolah, dan b) meningkatkan kualitas pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler guna membangun karakter siswa menjadi lebih positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Education

Description

Pinisi Journal of Sociology Education Review providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about Sociology, Culture, Family, Gender Equality, Social Inclusion, Society, Politics, Philosophy, and Development. Published by Sociology Education Study ...