Al-Ibda: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal PGMI Al Ibda'

PENINGKATAN INOVASI KERJA GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI MODEL SUPERVISI KLINIS: Indonesia

Nuraisah (Unknown)
Jhon Kennedy (Unknown)
Sumarni (Unknown)
Yusmarita (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2022

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya inovasi guru dalam bekerja. Guru terkesan melakukan pekerjaan seperti kebiasan tanpa adanya inovasi. Hal ini tentu menyebabkan tujuan pendidikan tidak tercapai secara optimal. Salah satu cara yang dapat dilakukan kepala sekolah untuk meningkatakan inovasi kerja guru adalah dengan pemberian supervisi klinis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri 026 Rambah yang berjumlah 8 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan wawancara. Supervisi klinis terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan inovasi kerja guru dalam menyusun silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Observasi Kelas. Hal ini terbukti dengan meningkatnya penilaian silabus guru sebesar 28,59%, peningkatan penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebesar 28,61% dan peningkatan kegiatan observasi kelas sebesar 26,19%. Keywords : Inovasi kerja, Proses pembelajaran dan Supervisi Klinis

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alibda

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

AL-IBDA’ merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran dasar yang dikelola oleh Program Studi PGMI STIT Pringsewu. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal AL-IBDA’ menjadi sarana bagi peneliti, akademisi, dan praktisi yang tertarik dengan kajian ...