Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 10 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MEDAN

Sitompul, Octaviani (Unknown)
Sitompul, Pardomuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning melalui lesson study lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022; (2) mengetahui ada tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2×3. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan kelas yang terpilih yaitu XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes kemampuan awal matematis dan soal posttest. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS yaitu uji t pihak kanan dan uji anava dua arah. Tetapi sebelumnya, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil uji prasyarat, diperoleh bahwa data dalam penelitian berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning melalui lesson study lebih baik daripada pembelajaran biasa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022; (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis (tinggi, sedang dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...