Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan supervisi akademik yaitu pelaksanaan Supervisi, Teknik-teknik supervisi, hambatan-hambatan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi, dan tindak lanjur supervisi guna meningkatkan profesionalisme guru. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analsis data adalah reduksi data, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun pengajaran melalui kegiatan rapat dengan melibatkan guru, supervisi dilaksanakan berdasarkan jadwal yang telah ditentukan oleh tim pelaksana supervisi. Teknik supervisi yang digunakan adalah teknik individual dan kelompok. Evaluasi supervisi dilakukan pada setiap akhir semester. Faktor pendukung pelaksanaan supervisi adalah guru yang menanggapi secara positif tentang pelaksanaan supervisi, terjalinnya hubungan yang baik antara guru dengan guru dan kepala madrasah dengan guru. Hambatan supervisi adalah kurangnya pemahaman guru tentang supervisi sehingga tidak mendapatkan kesempatan membantu pelaksanaan supervisi oleh kepala madrasah, adanya guru yang bersikap membatasi diri karena usia maupun kemampuan di bidang IT dan kesibukan kepala madrasah.
Copyrights © 2023