JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education)
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Pengenalan Sains Anak Usia 3-4 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi

Claudia, Safira (Unknown)
Muazzomi, Nyimas (Unknown)
Ismiatun, Asih Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi dan melihat efektivitas media pasir kinetik untuk meningkatkan pengenalan sains pada anak usia 3-4 tahun di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan pendekatan The Non Equivalent Control Group. Desain penelitian menggunakan desain one-group pretes-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok KB yang berjumlah 18 orang anak di TK Asyiyah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pasir kinetik terhadap pengenalan sains anak usi 3-4 tahun di TK Aisyiah Bustanul Athfal (ABA) IV Kota Jambi. Hal ini dibuktikan dari Thitung > Ttabel yaitu 15,393 > 1,740 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Serta terjadi peningkatan pengenalan sains anak setelah penggunaan pasir kinetik berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 75, 23%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JECIE

Publisher

Subject

Education

Description

JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) has e ISSN 25992759 (online) and p ISSN 26144387 (print) is a national scientific journal of Early Childhood Education (PAUD) that aims to communicate the research results of lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in ...