Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
Volume 33 Nomor 1 Mei 2024

Dampak Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan Dukungan Orang Tua terhadap Kemampuan Calistung Siswa SD

Siki, Irene Milenia (Unknown)
Suyitno, Imam (Unknown)
Anggraini, Ade Eka (Unknown)
Sutadji, Eddy (Unknown)
Rahayuningsih, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Minimnya penelitian tentang dampak metode SAS dan dukungan orang tua terhadap kemampuan calistung siswa SD melatarbelakangi penelitian ini. Kemampuan calistung menjadi dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk mendukung pemahaman lebih lanjut. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak metode SAS dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan calistung. Penelitian menggunakan database, yakni openknowledge maps, publish or perish, dan google scholar. Pengumpulan data mengacu pada diagram PRISMA. Dari 600 artikel, 34 artikel digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan metode SAS membentuk dasar literasi, meningkatkan motivasi belajar, dan memajukan kemampuan visual serta numerik siswa. Peran orang tua dalam menyediakan lingkungan belajar mendorong kebiasaan membaca siswa. Kombinasi metode SAS di sekolah dan orang tua secara signifikan meningkatkan kemampuan calistung siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SD

Publisher

Subject

Education

Description

Periodically published twice a year in May and November ( ISSN 0854-8285 ) ( E ISSN 2581-1983 ) ; contains writings on conceptual ideas, studies and application of theories, practical writing, and the results of educational research and teaching of elementary ...