Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Vol 8, No 1 (2024)

PENGEMBANGAN E-KITAB MATAN KAILANI BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU SHARAF

'Afifah, Nur (Unknown)
Maisura, Mira (Unknown)
Dewi, Sarini Vita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan santri kelas II Ibtidaiyyah putri Dayah Ruhul ‘Atiq Al-Waliyyah dalam memahami kaidah-kaidah ilmu sharaf yang terdapat dalam kitab Kailani. Hal ini dikarenakan oleh kitab yang digunakan merupakan kitab arab gundul yang tidak berharakat, kalimat-kalimat yang tidak dipisahkan oleh tanda koma maupun tanda titik serta penyajian materi yang sangat padat. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan e-kitab Matan Kailani berbasis Mind Mapping sebagai upaya dalam mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Research & Develompent. Adapun Hasil uji kelayakan yang telah dilakukan terhadap produk e-Kitab Matan Kailani berbasis Mind Mapping dengan melakukan sebaran angket kepada ahli media dan ahli materi dengan rata-rata perolehan pada media yaitu 97,8% dengan kriteria penilain “sangat layak”. Sedangkan Hasil kelayakan dengan rata-rata perolehan pada materi yaitu 85,7% dengan kriteria penilain “sangat layak” serta direkomendasikan sebagai salah satu media yang dapat digunakan sebagai referensi tambahan dan sumber belajar bagi santri di Dayah Ruhul ‘Atiq Al-Waliyyah.Berdasarkan pengukuran yang dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan statistik non parametrik uji Wilcoxon dengan nilai Z -3.502b dengan Asymp. Sig. (2- tailed) 0.000 < 0.05 menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas dalam penggunaan e-kitab matan Kailani berbasis mind mapping untuk meningkatkan pemahaman ilmu sharaf terhadap santri kelas 2 Ibtidaiyyah di Dayah Ruhul 'Atiq Al-Waliyyah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cyberspace

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Other

Description

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi is an open access, peer-reviewed journal that will consider any original scientific article that expands the field of information technology education and various other related applied computer sciences themes. The journal publishes articles of ...