This research is Classroom Action Research (PTK) which aims to improve writing skills through the application of the Guide Writing method to improve the descriptive text writing skills of class VII D students at SMP Widya Sakti Denpasar for the 2023/2024 academic year. The data in this research was obtained using observation and test methods to determine students’ ability to write descriptive text. The data that has been obtained is then analyzed using quantitative descriptive and qualitative descriptive methods. Based on the research results, this research was carried out in two cycles which proves that the Guide Writing method can improve students’ ability to write descriptive text. This can be seen from the average score in the initial test (pretest), which was 39,8 in the poor category, then increased in the first cycle, namely the average student score became 58,9 in the sufficient category. Compared to cycle I, the average student score improved by 76,9 in cycle II with a good.   Abstrak Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan meningkatkan keterampilam menulis melalui penerapan metode Guide Writing untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII D SMP Widya Sakti Denpasar Tahun Pelajaran 2023/2024. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan metode observasi dan tes untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang membuktikan bahwa metode Guide Writing dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada tes awal (pretest) yaitu 39,8 dengan kategori kurang kemudian meningkat pada siklus I yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 58,9 dengan kategori cukup. Dibandingkan siklus I nilai rata-rata siswa meningkat lebih baik sebesar 76,9 pada siklus II dengan kategori baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024