Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN SOKALELA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Hasil yang didapatkan pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru memperoleh hasil 94% dengan kriteria sangat baik. Pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw guru melaksanakan langkah pembelajaran sesuai dengan sintaks jigsaw yang terdiri dari fase 1 sampai fase 6 dan didukung dengan hasil wawancara guru kelas V SDN SOKALELA. Sedangkan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru pada seluruh siswa memperoleh hasil persentase yang berbeda-beda dan kriteria yang berbeda-beda juga. Dari keseluruhan hasil yang diperoleh oleh siswa dapat diartikan bahwa siswa sudah baik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Copyrights © 2024