Modul ajar menjadi salah satu komponen penting yang ada pada Kurikulum Merdeka. Guru diberikan kebebasan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan karakteristik peserta didik. Namun pada kenyataannya guru masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan modul ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami guru dalam mengembangkan modul ajar serta faktor yang menyebabkan guru kesulitan dalam mengembangkan modul ajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan pada penelitian iniĀ diperoleh dari wawancara serta dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan sampel bertujuan, denganĀ subjek penelitian ini adalah guru intrakurikuler kelas I, IV-A, dan IV-B di SDN Banyuajuh 2. Hasil penelitian ini menunjukkan kesulitan yang dialami guru dalam mengembangkan modul ajar adalah 1) kesulitan dalam menentukan komponen modul ajar, (2) kesulitan dalam menentukan tujuan pembelajaran, (3) kesulitan dalam menentukan model dan metode pembelajaran, 4) kesulitan dalam menentukan asesmen. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kesulitan guru dalam mengembangkan modul ajar adalah 1) pelatihan yang kurang maksimal 2) karakteristik peserta didik yang beragam, 3) keterbatasan waktu.
Copyrights © 2024