Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dan bagaimana peran mereka dalam meningkatkan pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi secara langsung ke lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara utuh mengenai kejadian yang terjadi secara sistematis, fakta dan akurat. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepala sekolah sebagai supervisor memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa. Kepala sekolah juga harus bisa memberikan arahan untuk guru maupun siswanya agar lebih bersemangat dalam dalam meningkatkan pembelajaran dan prestasi untuk keunggulan sekolah. Supervisi dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan melakukan pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan profesionalisme guru maupun staff lainnya. Dengan melalui supervisi yang efektif kepala sekolah dapat memperkuat dan meningkatkan kompetensi guru, meningkatkan pembelajaran siswa dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya pendidikan.
Copyrights © 2024