Pendidikan di Indonesia masih rendah padahal Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak Sumber Daya Manusia (SDM). namun SDM tersebut tidak mampu bersaing secara internasional salah satunya disebabkan oleh prestasi yang rendah. Penelitian ini merupakan studi pustaka terhadap mutu pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran supervisi pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif, yang dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data diperoleh melalui teknik penelitian kepustakaan (library study) yang mengacu pada sumber yang tersedia baik online maupun offline seperti: jurnal ilmiah, buku dan berita yang bersumber dari sumber terpercaya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Supervisi dirancang untuk mengembangkan dan meningkatkan profesionalisme guru sehingga guru tersebut dapat berkembang dalam pekerjaannya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar. Supervisi merupakan bantuan kepada guru dalam perbaikan situasi belajar-mengajar. Hasil dari penelitian menunjukkan supervisi pendidikan memiliki fungsi berupa coordinator, konsultan, evaluator. Langkah – langkah dalam melakukan supervisi dibagi kedalam 3 langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, Evaluasi.
Copyrights © 2024