Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 6 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juni

PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI E-COMMERCE PADA TOKO ONLINE NR_FAIZH27

Latipah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Etika bisnis Islam adalah pendekatan dalam mengelola bisnis dengan menekankan pada moralitas dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip Islam tanpa melanggar nilai-nilai yang diamanatkan. Dalam konteks bisnis online yang sedang kami kembangkan, seperti jual beli melalui platform e-commerce seperti Instagram, transaksi ini seringkali dibandingkan dengan konsep bai' as-salam dalam Islam. Ini karena transaksi e-commerce membutuhkan pemenuhan syarat-syarat seperti pembeli, penjual, alat tukar, dan objek transaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggambarkan praktik bisnis Islami yang dilakukan oleh konsumen di Instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap 3 konsumen. Hasil studi menunjukkan bahwa konsumen Instagram secara umum menerapkan praktik bisnis Islami dalam kegiatan e-commerce mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...