Salah satu komponen kunci untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam mencapai tujuan organisasi adalah rencana kompensasi yang dirancang dengan baik. Sebagai bisnis laundry yang berkembang dengan cepat, Aqila Laundry perlu mengevaluasi sistem kompensasinya untuk memastikan kelancaran operasional dan kepuasan karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji struktur pendapatan, tunjangan, dan elemen-elemen lain yang mempengaruhi sistem kompensasi Aqila Laundry Graha Kamal. Dalam penelitian ini, metodologi studi kasus dikombinasikan dengan teknik kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis dokumen yang berkaitan dengan sistem remunerasi dan wawancara dengan karyawan Aqila Laundry Graha Kamal. Aqila Laundry Graha Kamal menggunakan sistem kompensasi berdasarkan gaji pokok dan bonus. Kompensasi dasar ditetapkan seberapa banyak konsumen yang didapat disetiap karyawannya. Bonus diberikan sesuai dengan kinerja karyawan dan target penjualan yang dicapai. Sistem kompensasi di Aqila Laundry Graha Kamal secara umum sudah cukup baik, namun terdapat beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti struktur gaji yang tidak kompetitif dan sistem bonus yang kurang jelas. Aqila Laundry perlu melakukan peninjauan struktur gaji secara berkala untuk memastikan daya saingnya di pasar tenaga kerja. Selain itu, sistem bonus perlu diperjelas dan dikomunikasikan dengan baik kepada karyawan.
Copyrights © 2024