Penelitian ini bertujuan untuk melengkapi ruang kosong pengetahuan seputar penggunaan "Word of Mouth" (WoM) dalam sektor makanan, khususnya di Rumah Makan Bebek Purnama di Indonesia, serta bagaimana dampaknya terhadap keputusan beli konsumen. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian kasus, data diperoleh melalui wawancara dengan manajemen rumah makan, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait pemasaran dan strategi bisnis. Strategi penerapan WoM di Rumah Makan Bebek Purnama didasarkan pada percakapan dengan pemilik warung yang menekankan pentingnya rekomendasi secara personal sebagai inti dari upaya pemasaran mereka. Karakteristik wirausaha seperti semangat, inovasi, dan kemampuan untuk mengambil risiko juga mempengaruhi operasi harian warung. Upaya inovatif dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta tanggap terhadap umpan balik pelanggan, juga memengaruhi perilaku pembelian konsumen. Hasil studi menunjukkan bahwa WoM, bersama dengan sifat-sifat wirausaha dan upaya inovatif, berperan penting dalam membentuk preferensi dan keputusan pembelian konsumen di Rumah Makan Bebek Purnama. Singkatnya, kombinasi strategi WoM, karakteristik wirausaha, dan inovasi berdampak positif dalam membentuk perilaku pembelian konsumen di industri kuliner.
Copyrights © 2024