Perkembangan UMKM khususnya yang berbasis pertanian di pedesaan seperti Pekon Teba Pering Jaya, Lampung Barat, berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi lokal. UMKM yang fokus pada produksi sayuran di daerah ini menghadapi tantangan dari segi kemasan produk yang berdampak pada kualitas, daya tarik pasar, dan daya saing produk. Artikel ini mengkaji peran kemasan dalam pemasaran UMKM, mengevaluasi tantangan yang dihadapi pelaku UMKM di Pekon Teba Pering Jaya, dan menawarkan solusi berdasarkan teori kemasan untuk meningkatkan daya saing produk. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan antara lain pelatihan penggunaan kemasan dan pemasaran digital. Temuan menunjukkan bahwa pengemasan yang efektif dapat memperpanjang umur simpan produk, meningkatkan daya tarik visual, dan memperkuat citra merek. Penerapan strategi pengemasan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan UMKM di daerah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024