Terdapat dua tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. (1) Untuk mengetahui gaya leadership yang dikembangkan oleh Kepala Sekolah terhadap karakter islami guru di SMP Ta'mirul Islam Surakarta. (2) Untuk mengetahui implikasi gaya leadership Kepala Sekolah terhadap karakter islami guru di SMP Ta'mirul Islam Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan salah satu guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ada tiga. (1) Gaya leadership yang dikembangkan oleh Kepala Sekolah terhadap karakter islami guru di SMP Ta’mirul Islam Surakarta adalah kegitan tahsin, kegiatan ngaji kitab, kegiatan tausiyah, kegiatan muqoddaman online, kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), kegiatan supervisi dinas, pengembangan karakter dengan menggunakan cara-cara unik dari Kepala Sekolah, dan menggunakan metode bicara dari hati ke hati. (2) Implikasi dari gaya leadership Kepala Sekolah sangat efektif dan signifikan terhadap karakter islami guru di SMP Ta’mirul Islam Surakarta.
Copyrights © 2024