Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 5, No 2 (2024)

Pengaruh Metode Pembiasaan Terhadap Kualitas Hafalan Doa Harian Dan Surah-Surah Pendek Pada Siswa Kelas 2 Di MDTA Assabiiyah Karawang

Agung, Lukman (Unknown)
Makbul, M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel yakni pembelajaran metode pembiasaan dan kualitas hafalan sehingga dengan demikian tujuan penelitian ini untuk menguraikan gambaran penerapan metode pembiasaan, kualitas hafalan siswa, serta pengaruh keduanya dalam hubungan korelasional. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini yakni penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, metode ini dipilih untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel penelitian. Data terkait dikumpulkan dengan menggunakan instrumen lembar observasi, yang disusun dengan menggunakan skala likert, teknik analisis data menggunakan analisis dektifptif dan inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata Penggunaan Metode Pembiasaan siswa berada pada kategori sedang, dan Kualitas Hafalan Doa Harian dan Surah-surah Pendek berada pada kategori sedang pula. Berdasarkan output SPSS pada tabel Coefficientsa diketahui nilai signifikansi (sig.) sebesar 0,000 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa “Ada pengaruh metode pembiasaan (X) terhadap kualitas hafalan doa harian dan surah-surah pendek (Y).” Dari hasil analisis diketahui nilai R Square= 0,287, dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode pembiasaan  (X) terhadap kualitas hafalan doa harian dan surah-surah pendek (Y) sebesar 28,7% sedangkan 71,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang bukan menjadi variabel dari penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...