Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang dapat melibatkan langsung kepada siswanya kedalam kegiatan belajar lewat sebuah argumen, siswa dapat berpendapat, berdiskusi, serta dapat membaca sendiri maupun mencoba sendiri, supaya peserta didik dapat melakukan pembelajaran secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe DL (Discovery Learning) dengan diterapkan pada pembelajaran informatika dikelas X.2 dan X.4 SMA Negeri 14 Maros diharapkan dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat pertemuan, bagian pertama sebagai siklus 1 dan 4 kali pertemuan bagian kedua sebagai siklus 2 dan 4 kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X.2 yang berjumlah 36 orang dan siswa kelas X.4 yang berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penerapannya pada proses pembelajaran model pembelajaran Discovery Learning, siswa sangat baik dalam merespon materi yang disampaikan, hanya saja beberapa siswa ketika dalam proses pembelajaran ada siswa yang tidur dan tidak fokus dalam menerima materi dan juga bercerita dengan temannya. Dan juga hasil belajar siswa terhadap pembelajaran informatika meningkat lebih baik dari aspek kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning siswa sangat kreatif dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024