Media Flipbook merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai bahan ajar siswa yang tampilannya sama seperti buku, namum hasilnya dalam bentuk digital yang bisa diakses kapan saja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flipbook siswa kelas X 6 di SMA Negeri 9 Maros terhadap hasil belajar materi berpikir komputasional. Sampel penelitian ini sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre- eksperimen one-group pre-test post-test design. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan dua kali yakni sebelum diberikannya perlakuan (pre- test) dan setelahnya diberikan perlakuan (post-test). Maka berdasarkan hasil analisis data, peneliti mengetahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menggunakan media flipbook. Ditunjukkan dari nilai rata-rata post-test (80,28%) yang lebih besar dari nilai pre-test (53,89%), terdapat kenaikan sebesar 26,395%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siwa kelas X 6 SMA Negeri 9 Maros.
Copyrights © 2024