Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 19 No 1: Januari 2024

Penggunaan Media Aplikasi Notion Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas XI Pada SMK Negeri 1 Tutar Kabupaten Polewali Mandar: The Use of Notion Application Media in Improving Learning Outcomes of Students in Islamic Education and Moral Values Subject for Grade XI in SMK Negeri 1 Tutar

Muhammad Syahrin (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media aplikasi Notion dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMK Negeri 1 Tutar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media aplikasi Notion dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XI pada SMK Negeri 1 Tutar Kab. Polewali Mandar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu model penelitian dari Kurt Lewin, yang berbentuk spiral dari siklus pertama dengan siklus selanjutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), acting (tindakan), observing (observasi), dan reflecting (refleksi). Adapun alurnya adalah: (1) dentifikasi masalah, yaitu peneliti menetapkan permasalahan yang akan dikaji; (2) Merencanakan yaitu peneliti menyusun rencana tindakan/solusi terhadap pemecahan masalah; (3) Pelaksanaan yaitu peneliti melaksanakan tindakan yang telah dirumuskan pada RPP; (4) Observasi yaitu peneliti mengamati perilaku peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (5) Refleksi yaitu peneliti mencatat hasil observasi dan mengevaluasi hasil observasi.

Copyrights © 2024