Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pendekatan Multikultural yang diimplementasikan di Perguruan Muhammadiyah. Masalah yang harus dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi Pendekatan Multikultural di Perguruan Muhammadiyah. Metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi tinjauan literatur. Data diperoleh melalui pencarian di Google Scholar dan sumber data berasal dari beberapa artikel dari jurnal-jurnal nasional dan internasional. Berdasarkan artikel-artikel di Google Scholar yang terkait dengan pendidikan Islam multikultural dari perspektif Muhammadiyah, penulis meninjau 5 artikel dengan menggunakan teknik pemilihan acak. Kemudian penulis melakukan analisis konten untuk mendapatkan isi artikel-artikel yang terkait dengan pendidikan Islam multikultural dari perspektif Muhammadiyah. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan, perguruan Muhammadiyah terlihat berusaha keras untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif, menghormati perbedaan, dan mencegah radikalisme dengan pendekatan multikultural. Namun, tantangan terus ada dalam bentuk pemahaman yang berbeda-beda dan ketidaksetujuan terhadap konsep multikulturalisme.
Copyrights © 2024