Scholastica : Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 5 No 1 (2023): Mei

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an di SMP Islam Tulungagung

Abidin, Upik Khoirul (Unknown)
Supriyanto, Didik (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsilkan bagaimana upaya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis Al-Qur'an di SMP Islam Tulungagung. Bentuk Penelitian ini adalah kualitatif yang dilaksanakan di SMP Islam Tulungagung. Pengumpulan data melalui pengamatan, interaksi dengan informan, serta pengambilan dokumen sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Islam Tulungagung, metode pembelajaran yang umum digunakan meliputi ceramah, drill, dokumentasi, dan diskusi (tanya jawab). Metode Tilawati merupakan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an. Untuk mencapai sesuatu yang diinginkan, telah mengembangkan sebuah metode, H.M Thohir Al-Aly, M,Ag, adalah seorang individu yang memiliki gelar Magister Agama. satu pilihan yang tersedia adalah kombinasi dua paket buku yang ditujukan untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

scholastica

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences

Description

SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level/ Madrasah Ibtidaiyah. Besides focusing on the development of studies issues of basic education. The ...