Jurnal Pendidikan Terapan
Vol 2, No 2 May (2024)

Analisis Penerimaan MOOCs Dengan Model UTAUT Yang Telah Dimodifikasi

Andika Isma (Unknown)
Sitti Hajerah Hasyim (Unknown)
Muhammad Fikri Aqil (Unknown)
Ananta Tri Mahardika (Unknown)
Dimas Prayoga (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Dalam konteks pendidikan, akses dan keterlibatan menjadi kendala signifikan. Solusi yang muncul adalah Massive Open Online Courses (MOOCs), platform kursus daring terbuka yang menawarkan akses gratis dan fleksibilitas melalui teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerimaan MOOCs, berfokus pada model UTAUT yang dimodifikasi, serta memahami sikap dan persepsi pengguna terhadap MOOCs dalam konteks pendidikan. Dengan menggunakan desain penelitian cross-sectional, data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan preferensi pengguna terhadap pendekatan pembelajaran yang ditawarkan oleh MOOCs daripada fokus pada kemudahan teknis penggunaannya. Mayoritas responden cenderung melihat MOOCs sebagai alat efektif dalam pendidikan. Studi ini menyoroti kecenderungan positif terhadap penggunaan MOOCs dalam meningkatkan hasil akademis. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyelidiki penerimaan dan persepsi pengguna terhadap MOOCs dalam konteks pendidikan, serta untuk memahami preferensi pengguna terhadap model pembelajaran yang ditawarkan oleh MOOCs.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JUPITER

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Terapan (JUPITER) is an open scientific forum for educational researchers,scholars and practitioners. This open access journal publishes articles related to the research results in the field of education. The journal seeks to digest innovations, issues and trends in educational ...