Rendahnya minat belajar siswa di sekolah dasar menjadi salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Guru tidak menggunakan media pembelajaran atau model pebelajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Melihat hal tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalis pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah seluruh kelas IV sebanyak 14 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV sebanyak 12 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar dikumpulkan menggunakan metode tes dengan bentuk kuesioner muatan IPAS. Sedangkan instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner. Setelah data dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskripsi data dan uji prasyarat (uji-t). Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berorientasi gaya belajar siswa terhadap minat belajar IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Penggunaan metode ini berhasil membuat siswa lebih aktif dalam pembelajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa terlatih dengan baik. Diharapkan dengan penelitian ini guru dan siswa mendapatkan sisi positif dan dan guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih inovatif.
Copyrights © 2024