Pada kegiatan belajar mengajar salah satu factor keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel penelitian berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik implementasi metode diskusi yang digunakan oleh guru, maka semakin besar pula kemampuan berpikir kritis siswa. metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP. Penerapan metode ini dapat membantu siswa menjadi lebih analitis, reflektif, dan mampu menghadapi tantangan akademik dengan lebih baik.
Copyrights © 2024