Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif
Vol 6, No 1 (2015): Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif

Peningkatan Literasi Matematika Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inovatif Realistik E-Learning Edmodo Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri

Wardono, Wardono ( Universitas Negeri Semarang)
Kurniasih, Ary Woro ( Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2015

Abstract

Kemampuan literasi matematika siswa-siswa  Indonesia  dari hasil penilaian secara internasionaal oleh negara-negara maju OECD peringkat PISA Matematika siswa  Indonesia masih belum baik  dibandingkan dengan negara-negara lain. Permasalahan penelitian ini adalah;(1) Bagaimana mengembangkan  perangkat pembelajaran   Inovatif  Realistik E-Learning Edmodo  bermuatan karakter Cerdas Kreatif  Mandiri    dengan  penilaian berorientasi   PISA   yang dapat dilaksanakan  pada perkuliahan Telaah Kurikulum Matematika I   bagi mahasiswa calon  guru SMP yang valid?; (2) Bagaimana mengembangkan  perangkat pembelajaran   Inovatif  Realistik E-Learning Edmodo  bermuatan karakter Cerdas Kreatif  Mandiri    dengan  penilaian berorientasi   PISA   yang dapat dilaksanakan  pada perkuliahan Telaah Kurikulum Matematika I   bagi mahasiswa calon  guru SMP yang praktis?; (3) Apakah dengan mengimplementasikan perangkat pembelajaran  inovatif  Realistik E-Leraning Edmodo  bermuatan karakter Cerdas Kreatif Mandiri dengan penilaian berorientasi  PISA efektif  dapat meningkatkan   literasi  matematika mahasiswa calon guru  SMP pada mata kuliah  Telaah Kurikulum Matematika I?; (4) Apakah kualitas pembelajaran  inovatif  Realistik E-Leraning Edmodo  bermuatan karakter Cerdas Kreatif Mandiri dengan penilaian berorientasi  PISA  pada mata kuliah Telaah Kurikulum Matematika I   memenuhi kategori minimal baik?; (5)Apakah pembelajaran inovatif  Realistik E-Leraning Edmodo  bermuatan karakter Cerdas Kreatif Mandiri dengan penilaian berorientasi  PISA pada perkuliahan Telaah Kurikulum  Matematika I  dapat meningkatkan karakter mahasiswa yang lebih baik?      Metode penelitian  R&D. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan terhadap perangkat pembelajaran Pembelajaran Inovatif  Realistik E-Learning Edmodo  Bermuatan Karakter Cerdas Kreatif Mandiri. Perangkat yang dikembangkan meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan Tes Literasi Matematika (TLM). Instrumen penelitian berupa lembar validasi perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, rencana pembelajaran, lembar validasi LKM, lembar validasi instrumen  TLM, lembar observasi pengelolaan guru, lembar sikap siswa dalam pembelajaran, angket respon siswa, dan angket respon guru. Model pengembangan perangkat pembelajaran  mengacu model 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi. Rancangan uji coba perangkat pembelajaran dengan quasi-experimental design dengan pretest-posttes control group design. Populasi penelitian  ini  mahasiswa MK Telaah Kurikulum Matematika I. Variabel-variabel  pada penelitian ini  yaitu; Variabel  LM, Variabel kemampuan dosen mengelola pembelajaran, Variabel respon mahasiswa dan respon Dosen, Variabel  kualitas pembelajaran dan karakter Cerdas Kreatif Mandiri . Analisis data untuk validitas dan kepraktisan perangkat dianalisis dengan statistik deskriftif. Analisis data keefektifan dengan uji proporsi ketuntasan LM dan uji perbedaan rata-rata dua mean. Analisis data peningkatan LM dan karakter dengan .uji Gain ternormalisasi.Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran   yang dikembangkan valid, praktis dan efektif dan dapat meningkatkan LM mahasiswa. Kualitas pembelajaran  memenuhi kategori baik dan karakter mahasiswa meningkat.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

kreano

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Kreano is a place to share and communicate research results from researchers or invited authors. Kreano publishes original, novel, and empirical works in the field of mathematics education. Researchers can come from Lecturers, Teachers, Researchers, and students who need broad access to the ...