Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 12 No 3 (2023): Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASROOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP INTERAKSI BELAJAR SISWA

Damami Novayanto, Arif (Unknown)
Pribadi, Benny A (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh, khususnya pada peningkatan interaksi dan hasil belajar siswa. Dengan metode penelitian literatur, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber yang relevan, termasuk majalah, buku, dan publikasi lainnya. Hasilnya menunjukkan bahwa Google Classroom meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) selama pandemi, sebagaimana ditemukan oleh Baser & Rizal (2021). Selain itu, pelatihan Google Classroom untuk guru, seperti yang dijelaskan oleh Nissa et al. (2020), terbukti meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam pembelajaran daring. Studi oleh Farida Isroani (2021) dan penelitian lainnya menyoroti penerimaan Google Classroom oleh guru dan siswa, menunjukkan efektivitasnya dalam memudahkan transfer materi, penugasan, dan penilaian. Penelitian oleh Simanjuntak et al. (2021) dan Septiani (2022) menekankan adaptabilitas Google Classroom dalam berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama Islam, dan Budi Pekerti. Kesimpulannya, Google Classroom telah menjadi alat penting dalam pendidikan modern, tidak hanya memudahkan pengajaran dan pembelajaran, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa dalam berbagai konteks.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

TEK

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang ...